Membuat Repository Ubuntu 10.04 Dalam jaringan Lokal

Nah coba bayangkan, misalnya di lab komputer yang semuanya menggunakan OS ubuntu, mesti konek inet waktu mau update atau install software? Kan berat yaah, sayang bandwidht, Yaah solusinya pake DVD Repo, hehehehe Terus kalo pake DVD repo, masa masing-masing kompi mesti masukkan DVD satu-satu, kan capek toh. hehehehe Solusinya? Pake ISO. Terus masa masing-masing kompi mesti ngopi iso-nya ke hardisk, kan sayang hardisk. Hehehehehe Solusinya?


Adduuh banyak bacot dah... kebanyakan alasan, padahal intinya cuman satu yakni malas. Wkwkwkwkwkwkw hohohoho

Oke, solusinya, bila semuanya terhubung dalam jaringan lokal, maka kita akan buat 1 PC yang bertindak sebagai server lokal jaringan yang nantinya diakses oleh semua komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut. Caranya?

Sebelumnya sampeyan bisa baca postingan saya dolo yang ini, dimana ntu merupakan server lokal tapi hanya digunakan untuk 1 PC saja. Oke berbekal yang sudah saya bahas sebelumnya, mari kita masuk ke pembahasan berikutnya.

Nah, cara-caranya mirip dengan postingan saya tentang bikin repo di hardisk ntuh. Cuman untuk yang sekarang ada tambahan beberapa paket yang sebelumnya mesti di install dolo, biar afdol, hehehehe

Oke, terserah mau pake repo online atau bisa juga via repo lokal yang udah dibuat dihardisk, seperti yang sudah saya bahas di sini. Yang jelas sampeyan perlu mengakses ke repo untuk menginstall beberapa paket server yang diperlukan, yaitu apache2, kebetulan disini kita pake ntuh software.

Install apache2 lewat terminal terdekat atau lewat synaptic terserah, yang jelas apachenya terinstall. Hehehe Setelah terinstall silahken file iso terbut dimounting di folder repo (atau apapun namanya terserah anda) yang jelas folder tersebut berada di dalam www yang terletak di /var/www terserah mau dibikin folder lagi atau langsung saja, pokoknya mana yang enak aja deh. hehehehehehe

Cara memounting-nya bisa baca dipostingan saya sebelumnya di sini, tinggal ubah folder tempat memountingnya saja. ok

Kalo sudah termounting, silahkan edit, sources.list-nya, ini bisa dilakukan dengan editor kesayangan anda, kalo saya sih tetep pake gedit, hehehehehe sudo gedit /etc/apt/sources.list

Nah, sama seperti sebelumnya silahkan ganti sumbernya, kalo dulu kan perintahnya ada file-nya, berhubung sekarang berbasiskan server, kita masukkan dengan menggunakan alamat ip PC/Laptop yang menyediakan repo tersebut, dalam hal ini:

deb http://192.168.1.15/repo/ubuntu/disk1 lucid main restricted
deb http://192.168.1.15/repo/ubuntu/disk2 lucid main restricted
deb http://192.168.1.15/repo/ubuntu/disk3 lucid multiverse universe
deb http://192.168.1.15/repo/ubuntu/disk4 lucid universe
deb http://192.168.1.15/repo/ubuntu/disk5 lucid universe
deb http://192.168.1.15/repo/ubuntu/disk6 lucid universe
deb http://192.168.1.15/repo/ubuntu/disk7 lucid universe
deb http://192.168.1.15/repo/ubuntu/disk8 lucid universe

192.168.1.15 ntu merupakan IP address PC saya. Nah kalo dah beres silahken di tes. tes pertama di PC/Laptop anda dulu, dengan perintah sudo apt-get update, kalo sukses, silahken lanjutkan dengan mencobanya di sisi klien, tapi sebelumnya silahken ubah dulu sources.list nya dengan alamat seperti di atas.

Oke deh, kalo semoga sukses yaaa... Oiya ini hasil skrinsut di laptop saya...

0 comments:

Post a Comment

 
Penanggung Jawab Handika Septian Akniagara | Supported by Artikel Terkait Blog