Membuat Repository Lokal di Hard Disk (Ubuntu)

Setelah 8 DVD Repository Ubuntu 10.04 LTS aka Lucid yang ane pesen telah hadir, uuh betapa senangnya hati ini, karena bagi manusia fakir bandwidht seperti saya, membeli DVD repo merupakan solusi yang paling muantheb. hohohoho




Kalo mau donglod sih silahken saja, coba cari ditempatnya kambing, pasti nemu tuh. hohohoho. Atau misalnya mau update onlen, juga boleh, pokoknya atur sendirilah mana yang enak. weee

Lanjut.....

Nah, kan ini ceritanya DVD ya, ada 8 siung, totalnya sekitar 32 GB nohope, masa kalo install sesuatu ane mesti masukin, terus ngeluarin lagi DVD-nya. Kan banyak, menyita waktu udah gitu DVD ane sering macet, hehehehehe Yaa udah langsung ane bikin iso dulu deh.

Gimana bikin iso-nya? pake aplikasi brasero aja bro, simple mudah dan manthab, hasilnya juga bagus. Nah tadi kebetulan DVD repo ane belum ane daftarin buat nyontreng pemilu, eeh maksud ane daftarin di system, jadinya agak repot nyari-nyarinya. Yaa udah karena masih terhubung ke inet, langsung aja ane menuju terminal terdekat. Tapi daripada ke terminal, mending ane pake GUI alias pake synaptic package manager, coba cari di System---administration----synaptic package manager.

Ane masih kebiasaan pake windows yang udah GUI banget, hehehehehe makanya rada-rada gaptek dengan perintah-perintah di terminal. Yaa udah masih dilokasi synaptic, langsung ane search yang namanya brasero, terus keluar beberapa file, yaa udah tinggal di contreng semua, apply. Tunggu bentar sampe install-nya selesai.

Kalo mau coba pake acara nyambangin ke terminal sih boleh saja, tapi yang baru saja migrasi OS dari Windows ke Ubuntu, pake GUI adalah pilihan terbaik daripada pusing-pusing, hehehehe.

Lewat terminal, buka di Applications---accessories---terminal, nah di sana silakan ketikkan sudo apt-get install brasero. Ntar disuruh masukkan password yaa udah masukkan. Tunggu aja mpe beres.

Kalo sudah tinggal cek di Applications---Sound&Video brasero and disc burner.

Masukkan DVD repo-nya.... Langsung klik copy CD/DVD, bagian bawahnya pilih imag file---create iso. Tunggu sampe proses selesai, dan iso nya pun siap disajikan. hehehehehe Lakukan itu semua pada ke 7 DVD sisanya. Biar oke cek gambar berikut:



Please click at picture to enlarge size


Naah file iso kita udah siap, sekarang ada 8 file iso kan? yang kalo diitung-itung total size-nya kurang lebih 32GB. Ini terserah sampeyan mau naronya dimana.

Kalo ane sih, file-file ini ditaro di hardisk external, biar bisa di bawa kemana-mana. hehehehehehehee Maksudnya kalo nginstallkan di laptop/PC temen gak perlu lagi pusing nyari koneksi inet untuk install software-software pendukung.

Oke, saatnya kita daftarkan ini file iso ke system, biar ntar nginstall software-nya gak perlu via inet lagi.

Mau yang GUI (windows banget) atau mau yang versi text? Biar afdol kita bahas dua per dua aja, eh maksud saya satu per satu. hehehehehe

GUI
Nah kalo cara ini, sebelum sampeyan beraksi, mesti install satu software lagi, alias masih perlu koneksi inet dolo. hehehehehe Buat apa sih? yaa buat meng-mount file image tersebut. Biar isinya bisa dibaca gitu. terus pake software apaan? Daemon? Alcohol 120%? hehehehe itu mah di windows, kalo di ubuntu bukan ntuh, ane pake software Gmount-ISO.

Seperti biasa, silahkan mau mencarinya via terminal dengan mengetikkan perintah sudo apt-get install gmountiso, tekan enter tunggu mpe penginstallannya selesai. Atau bisa juga biar GUI banget yaitu via Synaptic, dibagian search tinggal ketik nama softwarenya, tinggal contreng apply, selesai deh.

Oke, kalo sudah di install coba cek Applications---system tools---Gmount-Iso. Nah sekaraang posisi kita sudah di aplikasi gmount iso, sekarang tinggal cari file iso-nya. Setelah itu pada bagian Mount point, cari folder tempat dimana file tersebut akan di mount. Kalo belum ada bikin aja dulu folder-nya, sesuaikan namanya dengan file iso tersebut, misalnya disk1.iso bikin folder disk1, biar ntar gak pusing nyarinya. hehehehehe Gimana cara bikin folder, gampang kok, tinggal klik open, ntar terbuka jendela baru yang posisinya ada di /media, berhubung kalo lewat GUI ndak bisa bikin folder di sini, maka kita pindah ke /home, nama sulae ntu tergantung dari nama user. kalo ditempat sampeyan udin, yaa ntar keluarnya juga udin. Hehehehehe (liat gambar di bawah biar lebih afdol)

Trus klik tombol create folder yang ada di pojok kanan atas, kalo sudah tinggal open aja ntuh folder, selesai deh. Tapi inget ini artinya file iso (DVD1) yang kita mount tadi berada di /home/user/repo/disk1.



Please click at picture to enlarge size




Btw capek kan mesti bikin foldernya kaya gitu, kalo gak mau kaya gitu, ya udah langsung aja menuju /home lewat Places---Home Folder, langsung bikin folder di sana biar gampang.

Lakukan untuk 7 DVD sisanya, dengan nama folder beda-beda (maksudnya disesuaikan disk berapa-nya) misalnya disk1, disk2, disk3,dst... Ok. Untuk meng-unmount tinggal pake Gmount-iso tadi

Asumsi, sekarang file iso udah termount, saatnya kita daftarkan ke system.

Buka software sources, yang letaknya ada di system---administration---software source. Naah pada bagian ubuntu software, banyak centang-centang gak karuan kan? Yaa udah ilangkan aja semuanya, hehehehe kemudian pindah ke tab other software, di sini juga ilangkan semua centang yang ada, kemudian tekan tombol add, tinggal isi folder dimana file iso tersebut ter-mount.

Oiya, perlu sampeyan ketahui bahwasanya masing disk (8 siung DVD yang udah di iso-kan tersebut) terkandung komponen-komponen yang berbeda-beda, dan kandungan yang terkandung tersebut mesti sampeyan sebutkan diakhir kalimat. Adapun komponen-komponen yang terdapat di di masing-masing disk adalah:
  • Disc 1: DVD Installer plus komponen Main dan Restricted
  • Disc 2: Berisi komponen Main, Restricted dan Multiverse
  • Disc 3: Berisi komponen Universe dan Multiverse
  • Disc 4: Berisi komponen Universe
  • Disc 5: Berisi komponen Universe
  • Disc 6: Berisi komponen Universe
  • Disc 7: Berisi komponen Universe
  • Disc 8: Berisi komponen Universe
Oke, ane coba yaa... tekan tombol add dolo, setelah itu isi dengan:

deb file:///home/sulae/repo/disk1 lucid main restricted
deb file:///home/sulae/repo/disk2 lucid main restricted
deb file:///home/sulae/repo/disk3 lucid multiverse universe
deb file:///home/sulae/repo/disk4 lucid universe
deb file:///home/sulae/repo/disk5 lucid universe
deb file:///home/sulae/repo/disk6 lucid universe
deb file:///home/sulae/repo/disk7 lucid universe
deb file:///home/sulae/repo/disk8 lucid universe

NB: nama sulae itu tergantung nama user, kalo udin yaa ganti udin, hehehehe Cek gambar di bawah biar afdol.


Please click at picture to enlarge size




Setelah itu, dia bakalan mereleoad, kalo ndak ada pesan error, berarti dah ok tuh. hehehehehehe

Manthab, udah selesai tuh, tinggal tes aja dolo nginstall, bisa atau gak. Misalnya kita coba menginstall aplikasi pemutar musik audacious, bosen juga pake rhytymbox mulu, hehehehe. Oke kita install pake synaptic (seperti biasa mode GUI, biar afdol, hehehehe), dibagian search ketik audacious, tinggal contreng namanya, setelah itu, apply. Kalo ndak ada pesan error berarti berhasil, tinggal cek softwarenya udah muncul belum di Applications---sound & Video.

---------------------------------------
Mode Teks

Nah sekarang kita coba install repo ubuntu dengan mode teks, sebenernya cara ini lebih mudah, tapi sayang mode-nya gak gue banget, wkwkwkw soalnya isinya tulisan-tulisan mulu, capek ngeliatnya. Wkwkwkwkwkww weee Keuntungannya sih, kalo cara ini kita bisa lebih bebas berkreasi dimana saja, tinggal login aja sebagai bosnya, semua bisa teratasi, temasuk membuat folder di /media. hehehehehe asik kan.

Tapi ndak apa-apa juga, lagian sambil belajar juga kan. Woke, anggap file iso-nya udah ada. Selanjutnya sama seperti mode GUI, kita harus menyiapkan folder dimana file iso akan di mount. So??? Bikinlah dulu folder dimana pun tempatnya, terserah anda. Kalo ane biasanya di /mnt, tapi kalo mau di /media juga ndak apa-apa.

Kasus ini, foldernya di simpen di /media. Kan ada 8 file iso ya? berarti kita bikin 8 folder dolo berurutan yaa, biar gampang. Cara bikin folder di terminal? pake perintah mkdir mungkin ini kalo diartikan make directory kali, hihihihihi.

Yaa udah buka terminal-nya dolo, terus ketik
sudo mkdir /media/repo

setelah di enter masukkan password, habis itu lanjutkan dengan menulis perintah berikut:

sudo mkdir /media/repo/disk1 /media/repo/disk2 /media/repo/disk3 /media/repo/disk4 /media/repo/disk5 /media/repo/disk6 /media/repo/disk7 /media/repo/disk8

Atau bisa juga gini untuk membuat foldernya:

sudo mkdir -pv /media/repo/{disk1,disk2,disk3,disk4,disk5,disk6,disk7,disk8}
perhatikan spasinya yooo.... kalo udah selesai, coba deh cek di folder media, ada gak 8 buah folder tersebut? Kalo ada berarti sampeyan dah sukses bikin foldernya. hehehehehe Cara ngeceknya? ketik aja ls /media/repo (perintah ls ini untuk melihat isi dari suatu folder, dalam kasus ini kan kita tambahkan perintah /media, artinya dia disuruh ngasih data, apa-apa aja yang ada dalam folder media tersebut). Setelah yakin semua folder udah ada, saatnya kita meng-mount file iso ke dalam folder tersebut. caranya ketik perintah di bawah ini di terminal:
sudo mount -t iso9660 /media/Fadillah/repo/disk1.iso /media/repo/disk1 -o loop

Tulisan warna merah, ntu tempat file iso diletakkan (terlihat nama fadillah merupakan nama hardisk external), kemudian tulisan warna biru adalah tempat dimana file iso tersbut akan di mount.

Lanjutkan lagi dengan mengganti disk1 menjadi disk 2, dst sampe 8 DVD, hehehehe
Ok kalo kedelapan iso udah di mount, maka selesai lah sudah, hehehehehe Oiya ane belum bilang, bahwasanya langkah di atas tidak permanen, alias sampeyan mesti meng-mount lagi kalo PC/laptopnya di restart. Soalnya ane kan make hardisk external, jadi gak selalu dicolokin ke laptop.

Kalo sampeyan mau permanent, bisa aja kok, kita edit file fstab-nya dengan editor kesayangan kita, ane sih make yang default aja, yaitu gedit, hehehehehehe Oiya ntu file terletak di /etc/fstab, so buka file itu, lewat terminal dengan perintah sudo gedit /etc/fstab. ntar keluar ntuh, pada bagian bawahnya tinggal isi dengan ini

mount -t iso9660 /media/Fadillah/repo/disk1.iso /media/repo/disk1 -o loop
mount -t iso9660 /media/Fadillah/repo/disk2.iso /media/repo/disk2 -o loop
mount -t iso9660 /media/Fadillah/repo/disk3.iso /media/repo/disk3 -o loop
mount -t iso9660 /media/Fadillah/repo/disk4.iso /media/repo/disk4 -o loop
mount -t iso9660 /media/Fadillah/repo/disk5.iso /media/repo/disk5 -o loop
mount -t iso9660 /media/Fadillah/repo/disk6.iso /media/repo/disk6 -o loop
mount -t iso9660 /media/Fadillah/repo/disk7.iso /media/repo/disk7 -o loop
mount -t iso9660 /media/Fadillah/repo/disk8.iso /media/repo/disk8 -o loop

#repository
/media/Fadillah/repo/disk1.iso /media/repo/disk1 udf,iso9660 user,loop 0 0
/media/Fadillah/repo/disk2.iso /media/repo/disk2 udf,iso9660 user,loop 0 0
/media/Fadillah/repo/disk3.iso /media/repo/disk3 udf,iso9660 user,loop 0 0
/media/Fadillah/repo/disk4.iso /media/repo/disk4 udf,iso9660 user,loop 0 0
/media/Fadillah/repo/disk5.iso /media/repo/disk5 udf,iso9660 user,loop 0 0
/media/Fadillah/repo/disk6.iso /media/repo/disk6 udf,iso9660 user,loop 0 0
/media/Fadillah/repo/disk7.iso /media/repo/disk7 udf,iso9660 user,loop 0 0
/media/Fadillah/repo/disk8.iso /media/repo/disk8 udf,iso9660 user,loop 0 0

Save

Setelah itu mari edit sumber softwarenya, biar kalo mau ngedownload mengarah langsung ke repo lokal bikinan kita. Caranya bisa lewat mod GUI di atas, atau bisa juga dengan mengedit langsung file sourcelist-nya. Ntu list letaknya di /etc/apt/sources.list Silahken edit. Ketik di terminal sudo gedit /etc/apt/sources.list

Nahh, isi pada bagian bawahnya dengan ini:

deb file:///media/repo/disk1 lucid main restricted
deb file:///media/repo/disk2 lucid main restricted
deb file:///media/repo/disk3 lucid multiverse universe
deb file:///media/repo/disk4 lucid universe
deb file:///media/repo/disk5 lucid universe
deb file:///media/repo/disk6 lucid universe
deb file:///media/repo/disk7 lucid universe
deb file:///media/repo/disk8 lucid universe

Terus yang lainnya kasih tanda #, kecuali yang baru di tulis tadi. hehehehehe

Save--close

Balik ke terminal terus ketik

sudo apt-get update

Kalo gak ada keluar pesan error berarti sukses tuh, hehehehehe

Akhirnya selesai juga, ntar kita sambung bagaimana cara supaya repo yang udah kita bikin bisa diakses oleh jaringan lokal, kan capek juga kalo dalam Lab file iso nya mesti di mount di masing-masing komputer, sayang partisi dong, hehehehe

0 comments:

Post a Comment

 
Penanggung Jawab Handika Septian Akniagara | Supported by Artikel Terkait Blog